BELAJAR ONLINE MELALUI
JARINGAN INTERNET DAN KOMPUTER
Dosen : Dr. I
Ketut Sudarsana, S.Ag., M.Pd.H
Kelompok
V :
1. I
Putu Candra Satryastina 15.1.2.5.2.0800
2. I
Made Dwityo Prema Vyakta Dharma 15.1.2.5.2.0801
3. Ni
Luh Uttari Asih 15.1.2.5.2.0802
4. Ni
Luh Sri Suryati 15.1.2.5.2.0803
5. I
Made Sukma Muniksu 15.1.2.5.2.0804
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Belajar online yang juga dikenal dengan nama e-learning atau electronic learning merupakan dari pengajaran yang disampaikan
hasil secara elektronik menggunakan media berbasis komputer. Materinya biasanya
diakses melalui sebuah jaringan. Seringkali e-learning
digabungkan dengan pengajaran tatap muka yang langsung dan disebut pengajaran
campuran atau pengajaran hibrida.
Belajar online merupakan bagian dari belajar
jarak jauh, perbedaannya bisa membingungkan. Berikut adalah persamaan dan
perbedaan antara pendidikan jarak jauh dengan belajar online.
Penggunaan pembelajaran secara online pada pendidikan semakin meningkat. Siswa tidak leluasa untuk
mengakses teksbook, tetapi penempatan materi pendidikan jauh diluar dinding
bangunan sekolah. Anda dan siswa anda dapat mengambil informasi dalam berbagai
hal, jauh, dan yang secara fisik tidak dapat dicapai perpustakaan di seluruh
dunia. Salah satu sumbernya selain mimpi dari semua tetapi yang paling kaya
siap tersedia kepada setiap orang.
Siswa
dan guru dapat mempertinggi kelas belajar dengan mengakses informasi dari sebuah pusat sumber (database, perpustakaan, kelompok
khusus yang menarik), menyampaikan dengan komputer dengan siswa lainnya atau
dengan tenaga ahli pada bidang pelajaran tertentu, dan pertukaran
data.
Guru dan siswanya dapat mengakses dokumen elektronik
untuk memperkaya pelajaran mereka. Siswa dapat berpartisipasi secara aktif
karena pembelajaran secara online menyediakan lingkungan belajar interaktif.
Siswa dapat berhubungan dengan informasi
elektronik bagi dokumen dan proyek.
Dikarenakan
komputer mempunyai kemampuan untuk menyampaikan informasi kepada banyak media
(termasuk mencetak, video, dan rekaman suara dan musik), komputer menjadi
perpustakaan yang tak ada batasnya. Siswa juga dapat untuk menyampaikan dengan
cepat dengan teks, gambar, suara, data, dan dua audio/video, dan hasil
interaksi perubah peran bagi siswa dan guru. Guru sekarang dapat memisahkan
secara geografi dari siswa mereka, dan siswa dapat belajar dari siswa kelas
lain di seluruh penjuru dunia.
Komunikasi dengan keluarga dapat meningkatkan rumah
tersebut dengan akses internet. Informasi umum dapat dikirim kepada semua
keluarga atau informasi khusus dapat ditujukan pada setiap keluarga siswa atau
pendamping. Halaman web kelas dapat menginformasikan kepada keluarga tentang
tugas rumah, pertemuan keluarga, atau bahan yang diperlukan untuk proyek
khusus. Bagi keluarga tersebut tanpa akses internet, guru akan memmpekerjakan
korespondensi tertulis atau dengan telephone.
Guru juga dapat menggunakan e-mail untuk berbagi ide dengan guru lain. Rencana belajar dapat
didkirim sebagai pemasangan atau penempatan pada server distrik sekolah.
Pertanyaaan dapat ditanyakan oleh seorang guru atau kelompok guru. Arti lain
bagi berbagi ide secara elektronik adalah blog, yang berdiri untuk kunci
komunikasi web dasar untuk masuk dan melihat banyak terlihat seperti papan
diskusi online. Guru dapat membantu
siswa untuk mengembangkan blog untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk
menukarkan ide. Komunitas elektronik menyediakan guru dan siswa dengan akses
informasi. Satu kata yang menyebabkan ketika mulai pada jenis ini adalah
komunitas elektronik. Guru perlu untuk menyiapkan mengenai keamanan online
mereka. Siswa perlu untuk dinasehati bukan untuk mengungkapkan informasi
pribadi pada banyak komunikasi.
Sejumlah kota membuat website meliputi garis besar
dari masyarakat mereka, termasuk sekolah, bisnis, pemerintah daerah, dan
lembaga sosial. Pembatas yang dibuat antara sekolah dan dunia luar ditiadakan,
memungkinkan guru dan siswa untuk mengakses informasi danorang-orang dari
sumber yang mereka inginkan.
Penambahan sejumlah jurnal dan majalah online yang diterbitkan, sebagai
tambahan juga untuk mengadakan versi cetakan atau secara keseluruhan usaha
baru. Kebanyakan penerbit mengambil katalog di web, memudahkan untuk
memindahkan dan menawarkan buku, software, dan produk lain. Banyak penerbit
yang berkeinginan untuk membuat produk nyata mereka tersedia secara online.
Mereka menyediakan paket percobaan yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu
biasanya 30 hari. Masih ada berita dari hak cipta ilegal dan distribusi materi
yang membuat beberapa penerbit berhati-hati untuk melengkapi dan akses tanpa
batas pada software dan file.
Sekolah distrik atau sekolah sering membeli atau
mengembangkan modul instruksional yang disediakan pada intranet yaitu sebuah cara untuk mendistribusikan informasi dalam
sekolah atau distrik yang akan didiskusikan pada chapter selanjutnya. Metode ini disampaikan digunakan untuk menyediakan
siswa dengan penyelesaian atau meningkatkan kesempatan belajar dengan versi
lama materi. Memperbarui bahan relatif mudah karena inti dibuat dengan materi
digital yang dapat dimodifikasi dan tersedia dengan cepat, dimanapun, di masa
lampau, revisi, sering meminta cetakan materi dikirim dan atau komputer disk
untuk sekolah. Pembelajaran secara elektronik lebih fleksibel baik untuk siswa
karena mereka mungkin mempelajari bahan setiap waktu dan setiap tempat. Siswa
dapat menyerahkan jawaban ujian melalui intranet. Setiap jawaban yang ada di
database, mereka menilai dan hasilnya tersedia dengan cepat bagi siswa dan
guru. Pembelajaran secara online
sangat berguna ketika pelajar yang dipisahkan secara geografi dan ketika
instruksi yang sering diperbarui.
1.2 Rumusan
Masalah
- Apakah yang dimaksud dengan Belajar Online ?
- Apakah pengertian dari Jaringan Internet ?
- Apakah pengertian dari Komputer ?
- Bagaimanakah cara belajar Online melalui jaringan internet dan komputer?
1.3 Tujuan
Adapun
tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
- Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan belajar Online
- Untuk mengetahui pengertian dari Jaringan Internet.
- Untuk mengetahui pengertian dari Komputer.
- Untuk mengetahui bagaimana cara belajar Online melalui jaringan internet dan komputer.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Belajar Online
Pengertian
belajar Online secara umum adalah
suatu pembelajaran yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan media
berbasis komputer serta sebuah jaringan. Belajar Online dikenal juga dengan istilah pembelajaran elektronik, e-Learning, on-line learning, internet-enabled
learning, virtual learning, atau web-based learning.
Belajar
Online atau e-Learning telah dimulai sekitar tahun 1970-an merupakan hasil dari
suatu pembelajaran yang disampaikan secara elektronik dengan menggunakan
komputer dan media berbasis komputer. Bahannya biasa sering diakses melalui
sebuah jaringan. Sumbernya bisa berasal dari website, internet, intranet,
CD-ROM, dan DVD. Selain memberikan intruksi, e-learning juga dapat dapat memonitor kinerja peserta didik dan
melaporkan kemajuan peserta didik. E-learning
tidak hanya mengakses informasi, tetapi juga membimbing peserta didik untuk
mencapai hasil belajar yang spesifik..
Potensi
untuk aplikasi pendidikan pembelajaran Online
telah berkembang. Siswa tidak hanya dapat mengakses pengetahuan dari buku
pelajaran, tetapi juga dapat mengakses materi pelajaran dari luar sekolah.
Pengajar dan siswa dapat memperoleh informasi yang banyak, tidak terbatas, dan
dapat di akses dari beberapa perpustakaan diseluruh dunia.
Saat
ini internet memiliki kemampuan untuk memberikan informasi dengan berbagai
media (termasuk cetakan, video, dan rekaman suara dan musik) maka internet
menjadi sebuah perpustakaan yang tidak terbatas. Siswa dan guru dapat
meningkatkan pembelajaran di kelas dengan mengakses informasi dari berbagai
sumber di internet melalui website atau penyedia layanan pendidikan lainnya.
Perkembangan
juga dimanfaatkan lembaga pendidikan untuk mengadakan belajar Online dengan mengadakan sekolah atau
kursus Online. Bahkan kursus Online bersertifikat di Indonesia sudah
diakui oleh pemerintah dan swasta atas hasil usaha belajarnya.
Siswa
dan guru dapat meningkatkan pembelajaran di kelas dengan mengakses informasi
dan berbagai sumber (database, perpustakaan, kelompok minat khusus),
berkomunikasi melalui komputer dengan siswa lain atau dengan para ahli di
bidang studi tertentu, dan saling bertukar informasi. Kegiatan seperti yang
dilakukan oleh geografis nasional memungkinkan siswa dan guru bersama-sama
untuk menuai keuntungan dari menghubungkan jaringan nasional siswa, guru, dan
ilmuwan untuk menyelidiki berbagai topik.
Guru
dan para siswanya dapat mengakses dokumen elektronik untuk memperkaya
pengetahuannya. Siswa dapat perpartisipasi aktif karena pembelajaran Online menyediakan sebuah lingkungan Online menyediakan sebuah lingkungan
belajar yang interaktif. Siswa dapat menghubungkan informasi elektronik ke
dokumen dan proyek mereka, membuat dokumen elektroniknya “hidup” dengan tombol
hypertext.
Karena
komputer memiliki kemampuan untuk memberikan informasi dengan berbagai media
(termasuk cetakan, video, dan rekaman suara dan musik). Komputer menjadi sebuah
perpustakaan yang tidak terbatas. Betapapun siswa mampu untuk segera
berkomunikasi dengan teks, gambar, suara, data, dan video dua arah, interaksi
yang dihasilkan dapat mengubah peran siswa dan guru. Guru dapat dipisahkan
secara geografis dari siswanya, dan siswa dapat belajar dari siswa lain di
kelas seluruh dunia.
2.2
Pengertian Jaringan Internet
Dunia internet kini
sangat pesat, tanpa mengenal usia, tanpa mengenal jabatan, seakan kita semua
harus dipaksa untuk mengenal dunia maya ini. Konsep dunia internet juga banyak
menimbulkan hal positif dan negatif, semua implementasi dunia internet akan
dibahas pada sub bab ini.
Apa
sih dunia internet itu? Mengapa orang-orang sering membicarakan dunia maya ini?
Tanpa mengenal usia dan jabatan, kita seakan harus dipaksa untuk mengenal dunia
internet. Pengertian dunia internet itu sendiri adalah sebuah jaringan komputer
yang saling terhubung dan dapat berkomunikasi satu sama lain secara global/internasional
baik melalui kabel, radio, satelit dan lain-lainnya. Pada era sekarang ini kita
sudah bisa berhubungan langsung dengan orang-orang diluar tempat kita tinggal.
Kita bisa berhubungan langsung dengan orang-orang yang ada diseluruh dunia.
Media telpon genggam dapat membantu kita untuk berhubungan dengan seluruh orang
didunia. Tidak puas hanya dengan mendengarkan suara dari telpon genggam, kini
kita dapat menikmati video call, dengan
langsung bertatap muka dengan lawan bicara melalui telpon genggam atau gadget.
Setelah berkomunikasi melalui video call
kini telah hadir sosial media yang berfungsi untuk mengetahui status-status
orang diseluruh dunia secara real time,
Bahkan yang ada diperusahaan-perusahaan. Inilah yang disebut dengan internet,
dunia dimana orang-orang dapat saling berkomunikasi secara real time tanpa
mengenal jarak.
Implementasi
dunia internet telah banyak diterapkan diseluruh dunia, ada konsep e-learning. Atau konsep pembelajan jarak
jauh, dimana antara guru/dosen dan murid/mahasiswa bisa melakukan kegiatan
pembelajaran di luar sekolah/kampus.
Singkatnya dunia
internet adalah dunia dimana semua orang dapat mempermudah semua kegiatan rutin
yang ada dengan memanfaatkan konsep teknologinya.
Pengertian
jaringan Internet secara sederhana adalah gabungan jaringan-jaringan komputer
di seluruh dunia dan merupakan rangkaian Komputer di seluruh dunia dan
merupakan rangkaian Komputer terbesar di dunia, ukurannya akan masih terus
berkembang. Namun komputer-komputer yang dimaksud tadi Cuma merupakan sebagaian
saja dari definisi konsep jaringan internet, karena saat kita membicarakan
tentang jaringan komputer terbesar ini, maka yang dimaksudkan adalah semua yang
berkaitan mengenai predikat yang melekat padanya meliputi informasi, masyarakat
penggunanya dan juga perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan.
Sebuah sistem
jaringan yang terkait dalam lingkup global dan memfasilitasi komunikasi layanan
data seperti remote login, transfer file, surat elektronik, World Wide Web dan newsgroup adalah pengertian Jaringan Internet sebagai sebuah
sistem. Dengan meroketnya permintaan untuk konektivitas, jaringan internet
telah menjadi jalan raya komunikasi bagi jutaan pengguna. Penggunaan Internet
awalnya hanya terbatas pada lembaga militer dan akademis, tapi sekarang ini
hampir seluruh lapisan telah menggunakan jaringan internet dihampir semua
bidang pekerjaan.
Jaringan
Internet berawal pada tahun 1969 dan kebutuhan Departemen Pertahanan amerika
Serikat ketika itu merasa negaranya tidak aman karena perang dingin dengan Uni
Soviet. Mereka menginginkan satu jaringan komputer militer strategis dimana
jaringan komputer utama yang digunakan untuk tujuan penelitian dapat terhubung
satu sama lain meskipun sebagian dari komputer ini dapat dibom oleh musuh.
Jaringan internet pertama dinamakan ARPANET ini menghubungkan empat lokasi
yaitu Stanford University, UCLA, UC Santa Barbara dan university of Utah dimana
keempat lokasi ini diautr secara tidak terpusat (decentralised) yaitu tanpa ada penempatan utama yang mengontrol
penempatan lain. Jaringan internet ini kemudian berkembang dan menghubungkan
beberapa perguruan tinggi.
Ada macam-macam jaringan internet,
digunakan untuk berhubungan antara individu dengan individu atau kelompok – mail elektronik, dalam menggunakan
layanan ini dibutuhkan account e-mail
dari penyedia layanan elektronik mail. E-mail
ini dikirim dari satu server ke klien tujuan melalui host transisi seperti pengiriman surat biasa. Cara terbaik membaca mail adalah dengan menggunakan perangkat
lunak pembaca mail yang akan
berhubungan dengan server mail dan menarik mail-mail pengguna tersebut ke pc yang digunakan sebelum dibaca.
Fasilitas-fasilitas
dalam internet banyak sekali kita temukan. Selain membantu dalam pencarian
berbagai informasi melalui search engine
(mesin pencari), juga dapat mengirim surat (email),
chatting (ngobrol di internet), mailing list, newsgroup, telnet, ghoper, FTP (File Transfer Protocol), hingga belanja di internet lewa e-commerce atau e-business. Semua pelayanan di internet, antara lain:
a. E-Mail
(elektronik mail) digunakan untuk
berkomunikasi atau berhubungan langsung dengan orang lain melalui surat
elektronik. Kita akan mengirim atau menerima e-mail dari seluruh penjuru dunia.
b. Kelompok
diskusi (mailing list) yaitu
fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan fasilitas e-mail.
c. FTP
(File Transfer Protokol) digunakan
untuk pengambilan data atau arsip dan file secara elektronik. Di internet telah
tersedia fasilitas file (data) atau dokumen yang siap untuk diakses secara
gratis.
d. Chatting
adalah salah satu fasilitas untuk berkomunikasi antar sesama pemakai internet
yang sedang aktif (online).
e. Newsgroup adalah
fasilitas untuk berkomunikasi jarak jauh, kita dapat memberikan pendapat dan
tanggapan melalui internet.
f. World Wide Web (www)
di singkat menjadi web merupakan fasilitas yang berisi database terdistribusi.
Kita dapat mengakses informasi- informasi melalui situs web berupa teks,
gambar, suara film, maupun multimedia.
g. Chat Group
merupakan forum pemakai internet dapat saling berdiskusi atau berbincang-
bincang dengan pemakai lain.
h. E-commerce
(Elektronic Commerce), suatu cara
berbelanja atau berdagang secara online
atau direct selling yang memanfaatkan
fasilitas website yang menyediakan layanan get
and deliver.
Istilah- istilah Dalam Internet
Istilah-istilah
yang perlu kita ketahui dalam internet, antara lain:
a.
Internet
Sejumlah
besar network yang membentuk jaringan interkoneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protocol TCB/IP. Internet merupakan
kelanjutan dari ARPANet. Dan kemungkinan merupakan jaringan WAN yang terbesar
yang ada saat ini.
b.
LAN
Local Area Network
yaitu jaringan komputer yang saling berkomunikasi dalam area tertentu.
c.
WAN
Wide Area Network
yaitu jaringan computer yang saling berkomunikasi antar benua melewati batasan
geografi Negara.
d.
MAN
Metropolitan
Area Network yaitu jaringan komputer
dengan jangkauan geografis antara 10 km sampai dengan 50 km.
e.
ISP
Internet Service Provider
yaitu suatu organisasi atau perusahaan yang melayani jasa internet.
f.
Browser
Software
untuk menjelajahi internet seperti Netscape
navigator, Internet Explorer, Mozilla.
g.
Chatting
Berbincang-bincang (ngobrol) lewat
internet.
h.
Download
Istilah
untuk kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang
terhubung dalam sebuah network ke computer
local. Proses download kebalikan dari upload.
i.
Modem
Modulasi
Demodulator yaitu alat untuk menghubungkan dan mentransmisikan data dari
komputer ke komputer lain melalui internet.
j.
HTTP
Hypertext
Transfer Protokol adalah protokol yang berfungsi untuk mendefinisikan dan
menjelaskan bagaimana server dan client berinteraksi dalam mengirim dan
menerima dokumen yang digunakan dalam World Wide Web.
Manfaat
Internet
Kemampuan
dan keandalan internet memberikan banyak kemudahan bagi berbagai aspek
kehidupan kita. Internet dapat menjadi sumber informasi dan sarana komunikasi
yang murah dan tepat. Selain itu, Internet juga mempunyai jaringan yang sangat
luas, yang dapat menjangkau seluruh dunia. Hal ini membuat internet semakin
banyak dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Saat ini ada banyak
kegiatan kita sehari-hari yang terkait dengan internet.
Kemampuan
dan keandalan yang dimiliki internet kemudian dimanfaatkan untuk menunjang
bisnis yang digeluti oleh berbagai perusahaan atau organisasi. Beberapa
aplikasi yang memanfaatkan internet, antara lain:
1.
Perdagangan secara
elektronik (Electronic Commerce)
Elektronic Commerce (E-Commerce),
atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan
memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Internet memungkinkan
orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling
berkomunikasi dengan biaya yang murah. Hal ini kemudian dimanfaatkan untuk
melakukan transaksi perbankan.
2.
Internet Banking
Internet banking sering juga dikenal dengan sebutan Electronic Banking, Cyberbanking,
Virtual banking, Home banking, dan online banking. Internet banking adalah
aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat- tempat lain
dengan memanfaatkan internet. Internet banking memberikan keuntungan kepada
nasabah bank karena nasabah tidak perlu datang ke bank untuk melakukan
transaksi perbankan.
3. Belajar
jarak jauh
Belajar
jarak jauh sudah lama dilakukan jauh sebelum internet ada. Beberapa universitas
di luar negeri mempunyai program belajar jarak jauh. Di Indonesia juga terdapat
universitas yang mempunyai program belajar jarak jauh. Ada banyak manfaat yang
diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet. Berikut ini hanyalah
sebagian dari apa yang tersedia di internet.
1. Informasi
untuk kepentingan pribadi: kesehatan, rekreasi hobby, pengembangan pribadi,
rohani, sosial.
2. Informasi
untuk kehidupan professional/ pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham,
komoditas, berita bisnis, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Satu
hal yang paling menarik adalah keanggotaam internet tidak mengenal batas
Negara, ras, kelas ekonomi, ideology atau factor- factor lain yang biasanya
dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang
sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap
anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi
atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan
kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para professional
Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat
informasi dunia.
Selain
itu koneksi internet semakin hari semakin mudah bahkan kita bisa melakukan
koneksi internet melalui handphone baik CDMA Maupun GSM. Anda dapat meminta
bantuan operator untuk mengakses tahapan koneksi sesuai program HP Anda atau
bhkan bisa mendownload pedoman tersebut melalui internet.
Tepat
kiranya seandainya anda mempunyai alamat E-mail, karena di era globalisasi saat
ini kepraktisan suatu pekerjaan sangat diharapkan. Demikian juga, seandainya
ada suatu keinginan mengirim surat kepada seseorang dengan cepat dan mudah
dapat mengirim Email. Untuk itu anda bisa menggunakan fasilitas Email dengan
saling terkirim surat modal surat apapun, bahkan anda bisa menyertakan suatu
file dalam format apapun ke dalam surat elektronik tersebut, misalkan file foto
anda dalam format JPG dan lain sebagainya. Hampir seluruh perusahaan menengah
keatas di dunia ini sudah menggunakan layanan Email tersebut, demikian juga
sebagian besar pengguna computer PC. Selain karena praktis, Email juga tidak
mengenal waktu, kapan pun anda mengirim surat akan bisa dilayani, kapan pun
anda membuka kotak surat akan dilayani.
Ada
beberapa factor yang harus dipenuhi agar internet dapat di manfaatkan sebagai
media belajar jarak jauh yang efektif, antara lain:
1. Institusi
Penyelenggara
Agar
dapat memanfaatkan internet sebagai media belajar, institusi penyelenggara
harus memiliki komitmen yang kuat. Hal ini ditandai dengan kebijakan- kebijakan
yang mendukung. Institusi juga harus menyediakan dana yang cukup demi
terselenggaranya pendidikan jarak jauh dengan memanfaatkan internet. Institusi
harus menyediakan peralatan yang memadai untuk terselenggaranya proses belajar.
Di samping itu, institusi juga harus menyediakan sumber daya manusia dan
keuangan yang cukup untuk mendukung proses belajar mengajar yang baik.
2. Pengajar
Keberhasilan
proses belajar jarak jauh sangat tergantung kepada para pengajar. Para pengajar
harus mempunyai komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi keberhasilan proses
belajar mengajar. Para pengajar harus berusaha mengemas materi pelajaran agar
menarik dan mudah dipahami. Karena bagaimanapun belajar melalui internet
tidaklah sama dengan belajar secara konvensional. Para pengajar juga perlu
dibekali kemampuan teknis internet yang cukup dan juga dibekali pemahaman yang
cukup akan sistem yang digunakan. Dengan demikian para pengajar dapat
mengembangkan metode-metode dan strategi pengajaran yang lebih efektif.
3. Siswa
Siswa
harus mempunyai komitmen dalam proses belajar. Selain itu siswa harus
dilengkapi dengan kemampuan untuk menggunakan internet. Dengan demikian, siswa
dapat berpartisipasi aktif dalam proses belajar yang dilakukan.
4. Teknologi
Faktor
teknologi juga merupakan factor yang penting bagi terselenggarakan belajar
jarak jauh dengan menggunakan internet. Teknologi yang ada saat ini memungkinkan
untuk dibuat sebuah aplikasi belajar jarak jauh yang cukup memadai.
Anda banyak manfaat yang diperoleh apabila seseorang
mempunyai akses internet. Berikut ini hanyalah sebagian apa yang tersedia di
internet:
1.
Informasi untuk
kepentingan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi , rohani
dan social.
2.
Informasi untuk
kehidupan professional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham,
komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum
komunikasi.
2.3 Pengertian Komputer
Dewasa ini komputer
memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam bidang pendidikan dan latihan. Komputer
berperan sebagai manajer dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer-managed Instruction (CMI). Ada
pula peran komputer sebagai pembantu tambahan dalam belajar, pemanfaatannya
meliputi penyajian informasi isi materi pelajaran, latihan ataupun
kedua-duanya. Modus ini dikenal dengan Computer-Assisted
Instruction (CAI). CAI mendukung pembelajaran dan pelatihan akan tetapi
bukanlah penyampai utama materi pelajaran. Komputer dapat menyajikan informasi
dan tahapan pembelajaran lainnya disampaikan bukan dengan media komputer.
Penggunaan komputer
sebagai media pembelajaran secara umum mengikuti proses instruksional sebagai
berikut :
1. Merencanakan,
mengatur dan mengorganisasikan dan menjadwalkan pengajaran.
2. Mengevaluasi
siswa (tes).
3. Mengumpulkan
data mengenai siswa.
4. Melakuakan
analisis statistik mengenai data pembelajaran.
5. Membuat
catatan perkembangan pembelajaran (kelompok atau perseorangan).
Format penyajian pesan
dan informasi dalam CAI terdiri atas
tutorial terprogram, tutorial intelijen, drill and practite serta simulasi. Tutorial terprogram adalah seperangkat
tayangan baik statis maupun dinamis yang telah lebih dahulu diprogramkan. Secara
berurut, seperangkat kecil informasi ditayangkan yang diikuti dengan
pertanyaan. Jawaban siswa dianalisis oleh komputer (dibandingkan dengan
kemungkinan-kemungkinan jawaban yang telah diprogram oleh guru/perancang), dan
berdasarkan hasil analisis itu umpan balik yang sesuai. Urutan linear dan
urutan bercabang digunakan. Penetapan kapan bercabang dimaksudkan untuk
penyajian materi pelajaran tambahan berdasarkan hasil analisis perkembangan
siswa setelah menyelesaikan beberapa latihan dan tugas. Semakin banyak
alternatif cabang yang tersedia, semakin luwes program tersebut menyesuaikan
dengan perbedaan individual siswa. Media tambahan lainnya biasanya digabungkan
dengan untuk format tutorial terprogram seperti tugas-tugas bacaan berbasis
cetak, kegiatan kelompok, percobaan laboratorium, kegiatan latihan, simulasi
dan interaktif dengan videodisc. Manfaat tutorial terprogram akan tampak jika
menggunakan kemampuan teknologi komputer untuk bercabang dan internet.
Tutorial
intelijen berbeda dari tutorial terprogram karena jawaban komputer komputer
terhadap pertanyaan siswa dihasilkan oleh intelegensi artifisial, bukan
jawaban-jawaban yang terprogram yang terlebih dahulu disiapkan oleh perancang
pelajaran. Dengan demikian, ada dialog dari waktu ke waktu antara siswa dan
komputer. Baik siswa maupun komputer dapat bertanya atau memberi jawaban.
Drill and practice digunakan dengan
asumsi bahwa suatu konsep, aturan atau kaidah, atau prosedur telah diajarkan
kepada siswa. Program ini menuntun siswa dengan serangkaian contohuntuk
meningkatkan kemahiran menggunakan keterampilan. Hal terprnting adalah
memberikan penguatan secara konstan terhadap jawaban yang benar. Komputer
dengan sabar memberi latihan sampai suatu konsep benar-benar dikuasai sebelum
pindah kepada konsep yang lainnya. Ini merupakan salah satu kegiatan yang amat
efektif apabila pembelajaran itu memerlukan pengulangan untuk mengembangkan
keterampilan atau mengingat dan menghafal fakta atau informasi. Meskipun pernah
mendapat kritikan tajam, format drill and practice kini memperoleh kembali
tempat dalam pembelajaran. Tugas/perilaku kompleks seringkali memerlukan
keterampilan yang dikerjakan dengan kecepatan dan ketepatan. Ketrampilan
seperti ini hanya dapat dikuasai dengan mempelajarinya melalui latihan yang ekstensif.
Latihan ekstensif yang dapat memberikan hasil penguasaan otomatis adalah
melalui format kegiatan drill and practice pada komputer.
Silmulasi
pada komputer memberikan kesempatan untuk belajar secara dinamis, interaktif
dan perorangan. Dengan simulasi, lingkungan pekerjaan yang kompleks dapat
ditata hingga menyerupai dunia nyata. Simulasi yang menyangkut
hidup-matiseperti pada bidang kedokteran atau penerbangan dan pelayaran sangat
bermanfaat jika tidak dikatakan merupakan cara terbaik untuk memperoleh
pengalaman nyata. Keberhasilan simulasi dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu
skenario, model dasar dan lapisan pengajaran. Skenario harus mencerminkan
kehidupan nyata. Skenario menentukan apa yang terjadi dan bagaimana hal
tersebut bisa terjadi, siapa karakternya, objek apa yang ikut terlibat, apa
peran siswa dan bagaimana siswa berhadapan dengan simulasi itu. Untuk
mensimulasi suatu situasi, komputer harus menanggapi tindakan siswa seperti
halnya yang terjadi dalam situasi kehidupan sesungguhnya. Model dasdar
merupakan faktor kedua yang turut mempengaruhi keberhasilan simulasi. Model
adalah formula matematika atau aturan ‘jika-maka” yang mencerminkan hubungan
sebab dan akibat dalam pengalaman hidup nyata. Lapisan pembelajaran adalah
taktik dan strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengoptimalkan
pembelajaran dan motivasi.
Konsep
interaktif dalam pembelajaran paling erat kaitannya dengan media berbasis
komputer pada umumnya mengikuti tiga unsur yaitu (1) urut-urutan instruksional
yang dapat disesuaikan, (2) jawaban/respons atau pekerjaan siswa dan (3) umpan
balik yang dapat disesuaikan. Untuk melibatkan keterampilan berpikir tingkat
yang lebih tinggi, tugas-tugas yang disajikan melalui media ini harus mampu
memperkenankan dan memperhitungkan jawaban benar yang lebih dari satu,
kreativitas, dan perbedaan pemecahan yang disebabkan oleh pengetahuan awal
siswa yang tidak homogen. Untuk meningkatkan kemampuan interaksi media berbasis
komputer, saran-saran berikut perlu dipertimbangkan dalam pengembangan media
tersebut.
- Pertimbangan untuk menggunakan rencana yang berpusat pada masalah,studi kasus,atau simulasi di mana siswa secara mental terlibat dengan penyajian itu. Program seperti ini dimulai dengan menggugah dan melibatkan pikiran siswa secara aktif.
- Buatlah penyajian intruksional singkat, kemudian supaya siswa mengolah atau memikirkan informasi yang di sajikan itu.
- Berikan kesempatan untuk berintraksi sekurang-kurangnya setiap 3 atau 4 layar tayang, atau setiap satu atau dua menit.
- Pertimbangkan desain di mana siswa tidak diberi informasi dalam bentuk linear, tetapi mencoba menemukan informasi melalui ekspolarasi aktif dalam lingkungan eloktronis.
- Pertimbangan untuk membolehkan siswa berhubungan dengan pemakai komputer lain melalui model atau papan informasi elektronik. Siswa bila mintak untuk berbagi tulisan kreatif, pemecahan masalah, atau pengambilan keputusan dengan siswa lain di lokasi yang jauh.
- Jangan memaksakan interaksi, misalnya hindari pertanyaan yang semata-mata hanya ingin memperoleh jawaban siswa.
2.4
Cara Belajar Online Melalui Jaringan Internet Dan Komputer
Saat ini
internet memiliki kemampuan untuk memberikan informasi dengan berbagai media
(termasuk cetakan, video, dan rekaman suara dan musik) maka internet menjadi
sebuah perpustakaan yang tidak terbatas. Siswa dan guru dapat meningkatkan
pembelajaran di kelas dengan mengakses informasi dari berbagai sumber di
internet melalui website atau penyedia layanan pendidikan lainnya yaitu E-Learning, Perpustakaan Online.
E-Learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang
memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Berikut
beberapa pengertian E-Learning dari
berbagai sumber:
- Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran (Michael, 2013:27).
- Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010).
- Sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa (Ardiansyah, 2013).
Menurut
Rosenberg (2001) karakteristik E-Learning
bersifat jaringan, yang membuatnya mampu memperbaiki secara cepat, menyimpan
atau memunculkan kembali, mendistribusikan, dan sharing pembelajaran dan
informasi.
Karakteristik E-Learning menurut Nursalam (2008:135) adalah:
Karakteristik E-Learning menurut Nursalam (2008:135) adalah:
- Memanfaatkan jasa teknologi elektronik.
- Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan komputer networks)
- Menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri (self learning materials) kemudian disimpan di komputer, sehingga dapat diakses oleh doesen dan mahasiswa kapan saja dan dimana saja.
- Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar, dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer.
Manfaat E-Learning
adalah:
- Fleksibel. E-Learning memberi fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses perjalanan.
- Belajar Mandiri. E-Learning memberi kesempatan bagi pembelajar secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajar.
- Efisiensi Biaya. E-Learning memberi efisiensi biaya bagi administrasi penyelenggara, efisiensi penyediaan sarana dan fasilitas fisik untuk belajar dan efisiensi biaya bagi pembelajar adalah biaya transportasi dan akomodasi.
Manfaat E-Learning
menurut Pranoto, dkk (2009:309) adalah:
- Penggunaan E-Learning untuk menunjang pelaksanaan proses belajar dapat meningkatkan daya serap mahasiswa atas materi yang diajarkan.
- Meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa.
- Meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa.
- Meningkatkan kemampuan belajar mandiri mahasiswa.
- Meningkatkan kualitas materi pendidik dan pelatihan.
- Meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi, dimana dengan perangkat biasa sulit dilakukan.
Kelebihan E-Learning ialah memberikan
fleksibilitas, interaktivitas, kecepatan, visualisasi melalui berbagai
kelebihan dari masing-masing media (Sujana, 2005 : 253 ). Menurut L. Tjokro
(2009:187), E-Learning memiliki
banyak kelebihan yaitu :
- Lebih mudah diserap, artinya menggunakan fasilitas multimedia berupa gambar, teks, animasi, suara, video.
- Jauh lebih efektif dalam biaya, artinya tidak perlu instruktur, tidak perlu minimum audiensi, bisa dimana saja, bisa kapan saja, murah untuk diperbanyak.
- Jauh lebih ringkas, artinya tidak banyak formalitas kelas, langsung pada pokok bahasan, mata pelajaran sesuai kebutuhan.
- Tersedia 24 jam/hari – 7 hari/minggu, artinya penguaasaan materi tergantung pada semangat dan daya serap siswa, bisa dimonitor, bisa diuji dengan e-test.
Kekurangan E-Learning menurut L. Gavrilova (2006:354) adalah pembelajaran
dengan model E-Learning membutuhkan
peralatan tambahan yang lebih (seperti komputer, monitor, keyboard, dsb).
Kekurangan E-Learning yang diuraikan
oleh Nursalam (2008:140) sebagai berikut :
- Kurangnya interaksi antara pengajar dan pelajar atau bahkan antar pelajar itu sendiri.
- Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya membuat tumbuhnya aspek bisnis/komersial.
- Proses belajar mengajar cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan.
- Berubahnya peran pengajar dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT (information, communication, dan technology).
- Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet ( mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer).
- Kurangnya sumber daya manusia yang menguasai internet.
- Kurangnya penguasaan bahasa komputer.
- Akses pada komputer yang memadai dapat menjadi masalah tersendiri bagi peserta didik.
- Peserta didik bisa frustasi jika mereka tidak bisa mengakses grafik, gambar, dan video karena peralatan yang tidak memadai.
- Tersedianya infrastruktur yang bisa dipenuhi.
- Informasi dapat bervariasi dalam kualitas dan akurasi sehingga penduan dan fitur pertanyaan diperlukan.
- Peserta didik dapat merasa terisolasi.
Selanjutnya yaitu
Perpustakaan Online merupakan
perpustakaan yang lebih ideal dan lebih menarik , disamping karena kebutuhan
masyarakat yang semakin meningkat akan sumber ilmu, yakni perpustakaan yang
memadai, juga perpustakaan yang dapat diakses oleh banyak orang dan dapat
diakses dimana saja. Perpustakaan online,
sebenarnya memiliki konsep dasar seperti perpustakaan biasa, namun sistem yang
digunakan menggunakan teknologi yang lebih baik, dan sumber-sumber yang
tersedia pun sangat bergantung dari para kontribusi yang ada.
Perpustakaan
online akan memberikan kontribui yang
signifikan kepada masyarakat luas, karena sifatnya yang a synchonose, dan dapat diakses dari banyak daerah.
Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh perpustakaan online, akan sangat menarik dibandingkan daripada perpustakaan
biasa. Seperti halnya ensiklopedi-ensklipodi yang ada di dunia maya saat ini,
sudah sangat membantu kepada para pencari ilmu mau pun para browser yang ada.
Perpustakaan
online adalah alternatif yang paling
tepat pada saat ini, untuk menjawab pertanyaan orang akan buku-buku, informasi,
dan lain-lain. Sehingga lembaga perpustakaan online adalah lembaga yang berkonsentrasi penuh untuk mengumpulkan
sumber-sumber yang ada, yang dibutuhkan untuk terciptanya sebuah perpustakaan.
Kelebihan
perpustakaan online dari perpustakaan
biasa yang sangat kentara adalah waktu untuk mengakses data, yakni memiliki
waktu yang lebih fleksibel, dan dapat diakses secara bersamaan dengan yang
lain. Dalam hal-hal pengelolaan perpustakaan online, sedikit berbeda dengan perpustakaan biasa, yakni seluruh
komunikasi yang ada, sangat bergantung pada user,
sehingga seluruh fasilitas untuk mengakses data, seluruhnya sudah ditampilkan
di dalam menu. Petugas perpustakaan hanya menjaga lalu lintas komunikasi
apabila terjadi, untuk keperluan mencari buku yang belum ada atau untuk
menerima masukan-masukan untuk kemajuan perpustakaan. Petugas pertpustakaan
akan mengupload data-data yang baru, dan merevisinya apabila diperlukan,
memberikan pelayanan register apabila diperlukan. Untuk ini, pola yang
ditawarkan dalam menjalankan perpustakaan dibagi menjadi dua. Pertama, dapat
diakses secara bebas, sehingga semua orang dapat masuk dan mengakses semua data
yang ada, tidak dibutuhkan register atau persyaratan tertentu untuk masuk.
Kedua, diakses secara terbatas, yakni harus mendaftarkan diri terlebih dahulu atau
menjadi anggota terlebih dahulu. Seperti halnya kampus-kampus yang telah maju,
maka akses menuju perpustakaan online, harus memasukkan nomer induk mahasiswa
yang bersangkutan, sehingga akses menuju perpustakaan online terseleksi secara
sendirinya.
Pengelolaan
perpustakaan online, juga sangat bergantung pada perkembangan teknologi, ketika
teknologi yang akan datang memberikan kemudahan yang lebih baik, maka teknologi
tersebut dapat dihgunakan untuk meningkatkan mutu pelayanan perpustakaan
online.
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Pengertian
belajar Online secara umum adalah
suatu pembelajaran yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan media
berbasis komputer serta sebuah jaringan. Belajar Online dikenal juga dengan istilah pembelajaran elektronik, e-Learning, on-line learning, internet-enabled
learning, virtual learning, atau web-based learning.
Dunia internet kini
sangat pesat, tanpa mengenal usia, tanpa mengenal jabatan, seakan kita semua
harus dipaksa untuk mengenal dunia maya ini. Konsep dunia internet juga banyak
menimbulkan hal positif dan negatif.
Pengertian
jaringan Internet secara sederhana adalah gabungan jaringan-jaringan komputer
di seluruh dunia dan merupakan rangkaian Komputer di seluruh dunia dan
merupakan rangkaian Komputer terbesar di dunia, ukurannya akan masih terus
berkembang. Namun komputer-komputer yang dimaksud tadi Cuma merupakan sebagaian
saja dari definisi konsep jaringan internet, karena saat kita membicarakan
tentang jaringan komputer terbesar ini, maka yang dimaksudkan adalah semua yang
berkaitan mengenai predikat yang melekat padanya meliputi informasi, masyarakat
penggunanya dan juga perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan.
Dewasa ini komputer
memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam bidang pendidikan dan latihan. Komputer
berperan sebagai manajer dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer-managed Instruction (CMI). Ada
pula peran komputer sebagai pembantu tambahan dalam belajar, pemanfaatannya
meliputi penyajian informasi isi materi pelajaran, latihan ataupun
kedua-duanya. Modus ini dikenal dengan Computer-Assisted
Instruction (CAI). CAI mendukung pembelajaran dan pelatihan akan tetapi
bukanlah penyampai utama materi pelajaran. Komputer dapat menyajikan informasi
dan tahapan pembelajaran lainnya disampaikan bukan dengan media komputer.
Saat ini
internet memiliki kemampuan untuk memberikan informasi dengan berbagai media
(termasuk cetakan, video, dan rekaman suara dan musik) maka internet menjadi
sebuah perpustakaan yang tidak terbatas. Siswa dan guru dapat meningkatkan
pembelajaran di kelas dengan mengakses informasi dari berbagai sumber di
internet melalui website atau penyedia layanan pendidikan lainnya yaitu E-Learning, Perpustakaan Online,
3.2 Saran
Diharapkan kepada
setiap lembaga pendidikan untuk menyediakan media internet. Agar peserta didik
mampu mengikuti setiap pembelajaran dengan memperluas wawasannya melalui
jaringan internet pada komputer. Jaringan internet sangat berguna bagi
perkembangan pendidikan peserta didik.
DAFTAR
PUSTAKA
Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Allen,
Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to
E-learning. Canada : John Wiley & Sons.
Ardiansyah,
Ivan. 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi
dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia,
Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung-Indonesia.
Chandrawati,
Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-learning
dalam Pembelajaran. No 2 Vol. 8. http://jurnal.untan.ac.id/
L. Tjokro,
Sutanto. 2009. Presentasi yang Mencekam.
Jakarta: Elex Media Komputindo.
L.
Gavrilova, Marina. 2006. Computational
Science and Its Applications - ICCSA 2006: 6th International Conference.
Glasgow, UK: Springer.
Nursalam dan
Ferry Efendi. 2008. Pendidikan dalam
Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Pranoto,
Alvini.dkk. 2009. Sains dan Teknologi.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sudarsana, I. K. (2014).
PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN UPAKARA BERBASIS NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU
UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN: Studi pada Remaja Putus Sekolah di
Kelurahan Peguyangan Kota Denpasar.
Sudarsana, I. K. (2015). PENINGKATAN
MUTU PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DALAM UPAYA PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA. Jurnal
Penjaminan Mutu, (Volume 1 Nomor 1 Pebruari 2015), 1-14.
Sudarsana, I. K. (2016). DEVELOPMENT
MODEL OF PASRAMAN KILAT LEARNING TO IMPROVE THE SPIRITUAL VALUES OF HINDU
YOUTH. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 4(2), 217-230.
Sudarsana, I. K. (2016). PEMIKIRAN
TOKOH PENDIDIKAN DALAM BUKU LIFELONG LEARNING: POLICIES, PRACTICES, AND
PROGRAMS (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal
Penjaminan Mutu, (2016), 44-53.
Sujana,
Janti Gristinawati dan Yuyu Yulia. 2005. Perkembangan
Perpustakaan di Indonesia. Bogor: IPB Press.
0 komentar:
Posting Komentar